Tips Memilih Laptop Baru Yang Berkualitas

       Tips Memilih Laptop Baru yang Berkualitas - Tidak bisa dipungkiri, laptop menjadi kebutuhan yang penting saat ini sama seperti smartphone ( Baca juga : Cerdas Memilih Smartphone).Saat ini pengguna laptop tidak hanya sebatas orang dewasa saja, bahkan anak-anak yang masih SD dan SMP pun sudah akrab dengan salah satu gadget ini.


Tips Memilih Laptop Baru yang Berkualitas
Tips Memilih Laptop Baru yang Berkualitas

       Oleh karena sekarang pengguna tidak terbatas pada suatu kalangan saja, maka permintaan pasar terhadap laptop akan meningkat. Sehingga semakin banyak perusahaan yang memproduksi laptop agar jumlah penawaran dapat mengimbangi jumlah permintaan. Nah, pada suatu waktu jumlah permintaan dan jumlah penawaran akan sama di suatu titik, titik itu dinamakan titik equilibrium. Eh kok malah bahas ekonomi sih :v. Oke back to the topic. Nah, karena semakin banyaknya laptop di pasaran, maka sobat harus selektif dalam memutuskan untuk membeli laptop. Berikut ini Teknobite akan memberikan beberapa tips memilih laptop yang benar.

1.  Budget yang tersedia

       Sebelum anda membeli sebuah laptop, yang pertama adalah tentukan dulu budget yang anda keluarkan. Maksud penentuan budget ini adalah agar anda tidak membeli laptop yang harganya melebihi kemampuan anda, sehingga anda tetap "terkontrol" dalam memilih laptop. Dengan menentukan budget lebih awal, anda lebih mudah dalam mencari laptop karena anda sudah mempunyai batasan biaya yang akan anda keluarkan.

2. Jenis Laptop

       Yang kedua yang harus anda perhatikan dalam memilih laptop yang benar adalah untuk kebutuhan apa laptop yang anda beli. Jangan sampai anda menyesal karena telah memilih jenis laptop yang tidak sesuai dengan yang anda perlukan. Untuk jenis laptop ini Teknobite menggolongkan menjadi tiga jenis sesuai kebutuhan:
  • Laptop untuk game
       Bagi anda yang merupakan seorang gamers, laptop ini adalah laptop yang tepat. Mengapa tepat? Ya memang laptop ini memang dirancang untuk gaming. Laptop jenis ini memiliki spesifikasi yang mumpuni. Biasanya mempunyai ram yang tinggi, processor yang unggul. Untuk laptop jenis ini, merk yang terkenal adalah alienware.
  • Laptop untuk desain grafis 
       Bagi anda yang hobi mendesain atau memang anda seorang desainer grafis, memilih laptop jenis ini adalah yang tepat. Komputer jinjing jenis ini mempunyai kartu grafis/graphic card yang mempunyai spesifikasi tinggi, memiliki kapasitas penyimpanan dan ram yang besar. Selain itu, laptop jenis ini juga mempunyai prosessor dengan kecepatan diatas 2 GHz dan mempunyai kualitas layar lcd yang baik. Untuk laptop jenis ini yang unggul menurut kami adalah Macbook milik Apple.
 
  • Laptop untuk kerja
       Bagi anda yang membutuhkan laptop hanya untuk kerja seperti hanya untuk Microsoft Office, membuka pdf, atau hal-hal lain yang tidak perlu membutuhkan aplikasi yang berat, anda tidak membutuhkan laptop yang spesifikasi tinggi. Laptop dengan spesifikasi rendah pun dapat masuk dalam kategori ini. Di sisi lain, anda dapat lebih menghemat biaya jika anda memutuskan memilih laptop jenis ini
 3. Perhatikan spesifikasi
       Sebelum anda membeli, pastikan anda sudah mengetahui spesifikasi barang tersebut. Spesifikasi yang perlu anda perhatikan yang pertama adalah kapasitas RAM, karena kapasitas RAM berbanding lurus dengan performa laptop. Yang kedua adalah prosessor, sama seperti ram (berbanding lurus dengan performa). Yang ketiga adalah ukuran layar. Biasanya, laptop yang ada di pasaran memiliki ukuran layar 11 - 15 inchi. Tapi ukuran layar yang ideal adalah 14 inchi. Terus yang keempat adalah VGA, sama dengan RAM dan prosessor :).
       Tapi satu hal yang perlu anda perhatikan, semakin tinggi spesifikasi sebuah laptop, maka semakin mahal harganya. Pastikan tidak melebihi budget yang telah anda tetapkan.
Sekian Tips Memilih Laptop Baru yang Berkualitas
Terimakasih :D 

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.